Jumat, 11 Juli 2008

kegiatan rutin

a. Presentasi Ilmiah

Waktu : satu bulan sekali

Deskripsi : Presentasi ilmiah ini merupakan kegiatan internal pengurus dan anggota SRC yang berisi diskusi dan tanya jawab dengan format presentasi yang memuat informasi-informasi seputar perkembangan terbaru ilmu pengetahuan dan teknologi. Presentasi akan disampaikan oleh seluruh anggota SRC secara bergiliran setiap waktu pelaksanaan diskusi ilmiah. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk melatih kemampuan public speaking dan menumbuhkan kepercayaan diri serta keberanian untuk tampil di depan orang banyak.

b. Diskusi Ilmiah

Waktu : dua bulan sekali

Deskripsi : Diskusi ilmiah ini bersifat terbuka untuk semua mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan mahasiswa fakultas/lembaga organisasi lain yang diundang, baik internal UII atau di luar UII. Isi kegiatan Ini berupa diskusi ilmiah yang memuat informasi-informasi seputar perkembangan terbaru ilmu pengetahuan dan teknologi. Diskusi ilmiah dapat berupa diskusi panel yang terdiri dari beberapa pembicara dari kalangan dosen/peneliti UII atau mendatangkan pembicara dari luar. Diharapkan melalui diskusi terbuka ini para dosen/peneliti dapat memberikan pengalamannya seputar IPTEK yang dapat membekali kalangan generasi muda agar semangat dalam memperkaya diri dengan ilmu pegetahuan.

c. Workshop Penulisan Ilmiah

Waktu : setiap enam bulan sekali

Deskripsi : Program ini ditujukan untuk membina dan melatih mahasiswa FTI untuk terbiasa dan mahir dalam menyusun tulisan ilmiah, seperti penyusunan proposal penelitian, karya tulis, karya ilmiah, dan lain-lain, yang selanjutnya dipersiapkan untuk dapat berkompetensi dalam beberapa event ilmiah, seperti yang diadakan oleh UII (LKTI), Dirjen Dikti setiap tahunnya (PKM), MENRISTEK Indonesia, atau event-event ilmiah lainnya yang diadakan oleh universitas-universitas di seluruh Indonesia.

d. English Improvement Program

Waktu : Satu kali dalam seminggu

Deskripsi : Program ini ditujukan dalam rangka untuk membina dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi seluruh anggota SRC. Program ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa di luar anggota SRC atau bersifat open course. Diharapkan dari program ini akan dihasilkan mahasiswa yang memilki softskill handal, sehingga siap untuk bersaing dan terjun di dunia kerja setelah lulus dari perguruan tinggi, dimana bahasa Inggris merupakan salah satu media komunikasi yang utama, terutama dalam dunia kerja internasional.